Objek Wisata Penuh Misteri Taman Nasional Alas Purwo, Hutan Tertua di Pulau Jawa

Objek Wisata Penuh Misteri Taman Nasional Alas Purwo, Hutan Tertua Di Pulau Jawa

Kota Banyuwangi yang ada di kawasan Jawa Timur ini terkenal dengan objek wisata pantainya yang indah, dan cocok sekali untuk dijadikan sebagai lokasi berselancar, selain dengan pantai yang ada di Pulau Bali. Kota yang ada di bagian ujung Timur Pulau Jawa ini selain mempunyai objek wisata pantainya yang eksotis, ternyata juga memiliki objek wisata alam lainnya yang juga bisa Anda kunjungi, yang salah satunya adalah alas purwo. Objek wisata taman nasional alas purwo ini ada di kecamatan Kalipuro, kabupaten Banyuwangi, tepatnya ada di perlintasan jalur antara Banyuwangi dan Situbondo.  Jika ditempuh dari pelabuhan Ketapang, objek wisata ini hanya berjarak sekitar 5 kilometer, sedangkan jika dari kota Banyuwangi sendiri, Anda harus menempuh jarak sekitar 14 kilometer ke arah Utara.

Baca juga :   Menikmati Kesejukan Hutan Pinus Gogoniti Di Blitar Jawa Timur

Misteri yang ada di objek wisata taman nasional alas purwo

Nama alas purwo ini sendiri diambil dari kata Purwo yang artinya dalam bahasa Jawa adalah kawitan atau permulaan. Sehingga alas purwo ini memiliki arti sebagai hutan pertama atau pun hutan tertua di Pulau Jawa. Bagi warga Banyuwangi sendiri tempat ini dikenal sebagai salah satu tempat paling angker dan termasuk tempat yang keramat. Selain itu, alas purwo dipandang sebagai tanah awal mula atau pun situs penciptaan. Di sini ada banyak sekali situs untuk tempat bersemedi. Di setiap tanggal 1 suro, umumnya warga setempat berbondong-bonding untuk datang ke objek wisata taman nasional alas purwo untuk melakukan semedi atau pun bertapa.

Baca juga :   Wisata Rainbow Garden, Pesona Keindahan Taman Bunga di Bandung

Selain itu, warga di sekitar objek wisata ini juga percaya, jika di sini ada sebuah istana jin yang merupakan tempat berkumpulnya para jin dari seluruh Pulau Jawa. Cerita ini telah diperkuat dengan kondisi objek wisata alas purwo tersebut yang masih perawan. Dalam sejarah, alas purwo ini juga dijadikan tempat pelarian rakyat Majapahit dari penyebaran agama Islam.

Baca juga :   Pantai Nglambor, Destinasi Wisata Alam Favorit Di Gunungkidul

Itulah tadi sekilas tentang objek wisata taman nasional alas purwo yang bisa kami informasikan. Semoga bisa bermanfaat.