Objek Wisata Pantai Parangtritis Menjadi Lokasi Pintu Masuk Istana Kerajaan Laut Selatan

Objek Wisata Pantai Parangtritis Menjadi Lokasi Pintu Masuk Istana Kerajaan Laut Selatan

Indah dan magis itulah dua kata yang cocok untuk menggambarkan objek wisata pantai parangtritis yang ada di pesisir Pulau Jawa. Selain terkenal akan keindahan alamnya, ternyata pantai ini juga menjadi salah satu tempat wisata andalan Yogyakarta yang terkenal karena aroma spiritualnya yang cukup kental. Objek wisata pantai parangtritis ini cocok dikunjungi bersama dengan keluarga atau sahabat. Deburan ombak yang mampu menyapu hamparan pasir hitam yang landai, disertai dengan hembusan angin khas pantai parantritis, akan menjadikan Anda betah berlama-lama untuk menikmati pemandangan tersebut. Selain itu, pemandangan matahari terbenam di objek wisata ini juga tidak kalah indahnya dengan pantai kuta yang ada di pulau dewata Bali. Satu lagi yang menarik di pantai ini adalah adanya gumuk atau pun gundukan pasir yang ada disekitar pantainya. Gumuk ini disebut sebagai satu-satunya gurun pasir yang ada di Asia Tenggara.

Baca juga :   Tips Membuat Daftar Persiapan Wisata

Hal menarik dari objek wisata pantai parangtritis

Hal yang sudah tidak asing lagi bagi warga bahwasannya pantai parangtritis ini dipercaya sebagai gerbang masuknya kerajaan ghaib di laut selatan. Yang mana pantai ini juga sering dijadikan sebagai lokasi ritual baik oleh keraton atau pun warga setempat. Salah satu ritual yang biasanya dilakukan di objek wisata ini adalah labuhan. Yang mana dalam ritualnya ini juru kunci pantai dan utusan dari keraton akan melarung sesaji ke laut lepas, dengan harapan untuk mendpat berkah, ketentraman, serta keselamatan.

Baca juga :   Tips Dan Trik Wisata Ke Gunung Bromo Agar Pendakian Semakin Menyenangkan

Adanya gumuk pasir yang menjadi renomena alam yang cukup unik yang mana gurun pasir ini terbentuk di daerah yang mempunyai curah hujan cukup tinggi seperti di Yogyakarta. Selain digunakan sebagai lokasi wsata, gumuk pasir ini juga sering dijadikan laboratorium bagi para peneliti dari dalam atau pun luar negeri. Bahkan tidak hanya itu saja, gumuk pasir yang ada di objek wisata ini juga sering dijadikan sebagai tempat pemotretan, baik untuk keperluan pribadi seperti foto prawedding atau pun untuk keperluan komersil, seperti vidio klip, pembuatan film, dan suting iklan.

Baca juga :   Pesona Keindahan Alam Gunung Api Purba Nglanggeran Di Yogyakarta

Masih berada di kawasan objek wisata pantai parantritis, terdapat pula tempat pemandian air panas yang disebut parawedang. Tempat ini tergolong unik, sebab walaupun air yang keluar dari sumber amat air ini terasa panas, tapi dari hasil penelitian tidak ada kandungan belerang atau sulfur di dalamnya.

Sekian dari kami tentang objek wisata pantai parantritis semoga bisa menginspirasi liburan Anda nantinya.