Objek Wisata Indonesia Paling Populer, Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur

Objek Wisata Indonesia Paling Populer, Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo ada di Kepulauan Nusa Tenggara, yang mana pulau ini masuk ke dalam kawasan objek wisata Tanam  Nasional Komodo bersama dengan pulau padar, pulau rinca, pulau motang, dan masih ada banyak lagi pulau kecil yang lainnya. Jika dilihat secara administratif, pulau ini ada di kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai Barat, dan berbatasan langsung dengan provinsi Nusa Tenggara Barat. Yang mana pulau ini adalah habitat asli binatang komodi, sejenis kadal raksasa. Di objek wisata pulau komodo terdapat lebih dari 2.000 ekor komodo yang masih hidup dialam bebas. Anda dapat melihat komodo lebih leluasa di sini yang sedang mengincar mangsanya dibanyak tempat. Sangat penting sekali buat Anda untuk berkeliling dengan ditemani oleh seorang pemandu, untuk alasan keselamatan selama ada di lokasi wisata tersebut.

Baca juga :   Surganya Diving, Ya Di Pulau Menjangan

Di tahun 1986, UNESCO telah menetapkan pulau ini dan pulau-pulau lain yang ada di kawasan objek wisata taman nasional komodo sebagai situs warisan dunia, sebab keberadaan komodo yang hanya dapat ditemukan di kawasan ini. Habitat dari hewan yang terancam punah ini merupakan alam terbuka dengan padang rumput, pantai pasir putih dan juga hutan hujan tropis.

Baca juga :   Tips Paling Mudah Untuk Packing Di Segala Wisata

Sekilas sejarah tentang objek wisata pulau komodo

Di tahun 1910, Letnan Steyn Van Hens Broek pergi ke sebuah pulau bernama pulau komodo untuk membuktikan laporan pasukaannya yang mengatakan bahwasannya ada binatang semacam naga di objek wisata pulau komodo ini. Broek bersamaan dengan pasukannya pun lalu memutuskan untuk datang ke objek wisata pulau komodo ini untuk memburu binatang tersebut. Ia bersama pasukannya telah berhasil membunuh satu ekor komodo yang kemudian difoto dan dikirimkan ke Bontanical Garden yang ada di kota Bogor.

Baca juga :   Tersimpan Sejuta Spot Wisata Menarik Di Jakarta, Ini Informasinya!

Dan ditahun 1912 adalah tahun pertama kalinya keberadaan komodo diketahui umum melalui jurnal yang telah ditulis oleh Peter A, Ouwens dan dimuat di surat kabar harian milik Hindian Belanda. Ouwens ini adalah seorang direktur museum zoologi yang ada di kota Bogor, lalu di tahun 1915, pemerintahan Belanda mulai melarang pemburuan komodo, sebab dikhawatirkan binatang ini akan punah.

Itulah sekilas tentang objek wisata pulau komodo yang bisa kami infokan kepada Anda semuanya, semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.